Tips Rumah Aman Ditinggal Mudik Lebaran

ahlikuncimagelang.com; Saat ini yaitu saat menjelang lebaran. Sebagaimana tradisi masyarakat islam di indonesia ialah mudik saat lebaran, meninggalkan rumah sendiri untuk mengunjungi orang tua atau saudara lainnya. Dalam rangka meninggalkan rumah inilah maka hal yang penting diperhatikan adalah bagaimana meninggalkan rumah dalam keadaan aman dari pencurian. Keadaan rumah yang sepi akan mengundang pencuri untuk berbuat jahat kepada kita. Untuk itulah sebelum mudik meninggalkan rumah, ada beberapa tips rumah aman ditinggal mudik lebaran berikut yang bisa dilakukan agar rumah kita aman dari tangan-tangan jahil.

tips rumah aman

  1. Menitipkan pada tetangga terdekat Jika ada tetangga yang dekat maka tetangga bisa di mintai tolong untuk turut melihat kondisi rumah. Misalnya mengecek pagar,pintu depan,pintu samping dan jendela,sehingga ketika ada hal yang mencurigakan dapat diantisipasi. Ketika ada orang yang kadang berada disekitar rumah maka para orang yang mau berbuat jahat akan berfikir dua kali untuk melakukan tindak kejahatan.
  2. Nyalakan lampu Rumah yang gelap akan menandakan jika rumah tersebut kosong sehingga penerangan sangat dibutuhkan agar tak terkesan rumah yang kosong. Usahakan saat ditinggal mudik lampu yang bisa diamati dari luar ruangan dalam kondisi menyala sehingga lketika diamati dari luar terkesan ada penghuninya.
  3. Letakkan banyak sendal diluar rumah Sendal adalah salah satu indikator jika orang berpenghuni, ketika seseorang melihat sandal banyak didepan pintu maka orang akan berfikir ulang untuk melaksanakan tindak kejahatan karena melihat sendal tersebut.
  4. Nyalakan radio Bunyi alat elektronik juga merupakan jika rumah itu berpenghuni, alat elektronik yang selalu on dengan listrik yang murah adalah radio. Pilihan radio ini juga pertimbangan masa siar radio yang 24 jam sehingga selama 24 jam radio akan tetap menyala selama ditinggal mudik.
  5. Simpan barang berharga Dalam penyimpanan barang berharga pilihlah tempat-tempat tak terduka dan aman. Misal letakkan barang berharga di suatu wadah digudang dan pastikan aman dari serangan hewan seperti tikus. Atau bisa juga simpan barang berharga pada tumpukan kardus bekas yang dikondisikan nampak tak seperi untuk penyimpanan.
  6. Berikan tulisan Cara ini agak konyol tetapi bisa dicoba karena ini akan mengubah persepsi orang yang akan berbuat jahat. Tulisan yang bisa dituliskan adalah “RUMAH INI DIJUAL” atau “RUMAH INI DALAM PROSES LELANG” sehingga orang akan mengira jika rumah tersebut tidak ada isinya dan jika akan mencuri pun tak ada yang akan dicuri.Cara ini mengkin terkesan sedikit konyol namun tak ada salahnya jika dicoba sesuai denga kondisi lingkungan anda. Selamat mencoba…

Demikianlah Tips Rumah Aman Ditinggal Mudik Lebaran, semoga bisa membantu kita agar rumah dan harta kita tetap aman tidak dicuri oleh pencuri.

Sumber : http://www.kompasiana.com/donypurnomo/tips-mengamankan-rumah-saat-mudik_59408c62599373bc59cd572c

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *