Ahli Kunci Magelang, Mengenal Kunci Immobilizer

Banyak mobil saat ini telang dilengkapi fitur kunci immobilizer. Di antara mobil-mobil itu adalah Suzuki splash, ertiga, swift, Toyota Kijang innova, alphard, daihatsu terios dan yang terdahulu yaitu Karimun estilo. Perlu diketahui bahwa sistem kunci immobilizer adalah sistem keamanan elektronik yang disematkan pada mobil untuk mencegah mobil dari pencurian dengan cara mencegah mesin dapat dihidupkan kecuali dengan menggunakan kunci aslinya. Perlu Mengenal Kunci Immobilizer.

Yang membuat berbeda antara kunci mobil immobilizer dan non immobilizer adalah pada kunci immobilizer rdapat chip pada anak kunci. Chip tersebut berfungsi mengirim sinyal ke ECU kendaraan. Jika sinyal yang dikirim ke ECU sama dengan yang ada pada ECU, maka kendaraan bisa menyala. Akan teapi jika sinyalnya berbeda atau tidak ada sinyal yang dikirim ke ECU maka kendara tidak akan menyala. Maka ketika mobil dihidupkan dengan kunci duplikat biasa maka mesin tidak dapat menyala.

kunci Immobilizer

Kenapa dikatakn duplikat biasa? Sebab pada kenyataannya saat ini sudah ada yang bisa menduplikat kunci immobilizer. Jika tadinya duplikat kunci immobilizer ini hanya bisa dilakukan oleh pabrikan (bengkel resmi), tapi sekarang ini banyak orang atau ahli kunci atau tukang kunci yang sudah bisa menduplikat kunci immobilizer ini dengan peralatan komputerisasi khusus yang diimport dari luar negeri. Jangan mengira tempatnya di kaki lima, pinggiran jalan karena biaya untuk duplikat kunci immobilizer satunya saja bisa sampai Rp. 750.000-900.000, bahkan bisa jutaan rupiah untuk kunci mobil eropa.

Kembali tentang apa itu kunci immobilizer? Jadi sistem ini terdapat pada kunci kontak dan ECU pada mobil. Ada modul yang terkait dengan rumah kunci kontaj yang berfungsi membaca sinyal dari chip pada kunci, jika memberi sinyal yang cocok dengan modul maka ECU mengijinkan mesin untuk menyala. Akan tetapi jika kunci tidak memiliki chip atau sinyal tidak cocok, maka dinamo stater dapat menyala tetapi mesin tidak dapat menyala.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *